7 Peluang Bisnis Waralaba yang Menguntungkan


Bisnis dengan sistem franchise atau waralaba memang terlihat menarik. Berminat untuk mencobanya? Jika jawabannya ya, Anda wajib menyimak berbagai ide usaha sistem waralaba yang potensial berikut ini.

Sebelum memulai bisnis waralaba, perhatikan hal-hal berikut dengan baik
Bisnis dengan sistem ini sepintas terlihat mudah dan praktis. Bagaimana tidak, tugas Anda berfokus pada eksekusinya. Setelah membayar perangkat waralaba, Anda tinggal mengelola bisnis dengan mencarikan tempat dan pegawai.

Walau sepintas mudah, tentunya menjalankan waralaba tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik agar bisnis berjalan lancar, yakni sebagai berikut.

1. Melakukan riset. Pelajari dahulu sistem waralaba yang akan Anda pilih. Selain itu, penting untuk mempelajari ketentuan pembayaran waralaba tersebut. Jangan sampai Anda lengah mempelajari dan malah merugi.

2. Menyiapkan modal. Perhitungkan modal dengan baik. Siapkan modal sesuai dengan jenis bisnis yang dipilih serta kemampuan pribadi. Selain untuk perangkat waralaba, Anda perlu menyiapkan modal untuk sewa tempat dan merekrut pegawai.

3. Temukan lokasi bisnis yang strategis. Lokasi strategis akan membuat bisnis jadi mudah laris. Tak hanya sekadar ramai dilewati orang-orang, lokasi strategis juga berarti dekat dengan target pasar Anda.

 

Inilah rekomendasi 7 jenis usaha waralaba yang menguntungkan
Banyak jenis usaha waralaba yang bisa Anda pilih dari berbagai bidang, mulai dari kuliner hingga pendidikan. Pertimbangkan juga passion diri, manakah jenis usaha yang Anda minati. Berikut ini adalah daftar jenis usaha waralaba yang menguntungkan, siapa tahu ada yang cocok untuk Anda.

1. Waralaba minuman
Minuman menjadi salah satu produk waralaba favorit. Banyak sekali brand minuman yang merupakan sistem waralaba. Pasar untuk usaha ini pun luas cakupannya, minuman bervariasi selalu dicari masyarakat mulai dari yang muda hingga yang tua.

Banyak aneka ragam minuman yang bisa dijadikan waralaba, mulai dari yang tradisional sampai kreasi minuman yang lebih modern. Jenis minuman yang sering diminati adalah minuman kopi atau minuman segar yang manis-manis.

2. Waralaba makanan
Bisnis di bidang kuliner juga seolah tak ada matinya, karena selalu memiliki pelanggan. Anda bisa membuat kuliner siap makan atau kuliner makan di tempat. Jenis makanan pun bisa apa saja, mulai dari makanan ringan ataupun makanan berat.

3. Waralaba jasa kurir
Jasa kurir pengiriman barang atau paket juga termasuk waralaba yang laris manis, lho. Apalagi di era sekarang di mana orang-orang senang membeli barang secara online, jasa antar-kirim barang selalu dibutuhkan.

Anda bisa berbisnis di bidang ini dengan menjadi agen atau mitra bisnis. Salah satu perusahaan yang membuka mitra waralaba adalah JNE.

4.Waralaba bahan bakar
Siapa sangka, ternyata pengisian bahan bakar di pinggir jalan pun ada yang menggunakan sistem waralaba, lho. Waralaba pertamini memungkinkan Anda untuk berbisnis bahan bakar ala SPBU dengan modal lebih minim. Anda akan mendapatkan peralatan pengisian bahan bakar seperti yang ada di SPBU.

5. Waralaba laundry
Usaha laundry juga termasuk usaha yang laris manis, apalagi untuk daerah yang banyak pekerja dan mahasiswa. Beberapa gerai usaha laundry pun ternyata memiliki sistem waralaba, lho, tentunya bisa Anda coba. Jangan lupa untuk menyiapkan modal yang cukup untuk waralaba usaha ini, karena bisnis laundry butuh banyak biaya operasional.

6. Waralaba bidang pendidikan
Pendidikan adalah salah satu kebutuhan penting bagi anak. Bidang pendidikan pun dapat dijadikan sistem waralaba, lho. Biasanya, waralaba di bidang ini berupa penyedia jasa les atau bimbingan belajar untuk siswa.

7. Waralaba bidang kecantikan dan kesehatan
Bidang kecantikan dan kesehatan pun bisa menjadi bisnis yang berbuah manis. Banyak layanan kecantikan dan kesehatan yang membuka jaringan waralaba.

Ada berbagai macam jenis usaha yang bisa jadi waralaba di bidang ini. Anda bisa mendirikan waralaba klinik berobat, klinik perawatan kulit, salon, spa, pijat refleksi, dan masih banyak lagi.

 

Penutup
Masing-masing usaha memiliki risikonya masing-masing, Anda perlu siap menghadapinya. Oleh karenanya, selalu bekali diri dengan pengetahuan seputar bisnis. Sekian saja pembahasan seputar peluang bisnis waralaba, semoga bermanfaat...