Bagaimana Cara Optimasi SEO Website Dari Nol


(SEO) adalah teknik misteri yang banyak dicari. Jika cara SEO digunakan dengan benar, maka akan sangat membantu meningkatkan peringkat suatu website. Oleh karena itu, tidak jarang banyak pemilik bisnis menggunakan teknik SEO sebagai salah satu strategi marketing yang paling efisien. Teknik ini pun terbukti bisa meningkatkan jumlah pembeli. Bahkan, tidak jarang produk yang ditawarkan di website selalu sold out dalam waktu yang sangat cepat. Lantas, bagaimana cara optimasi SEO website yang baik dan benar?

5 Cara Optimasi SEO Website

Bagi para blogger atau internet marketer, akan sangat diwajibkan untuk menggunakan teknik SEO agar website yang dikelola bisa berada di puncak paling atas pencarian google. Nah, berikut adalah caranya:

1. Tentukan Niche Market yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentunya harus memiliki gambaran siapa yang menjadi target pasar produk yang dijual. Dengan mengetahui siapa target pembeli, maka akan lebih mudah untuk menyasar pasar yang tepat, dan tentunya hal ini juga tidak akan membuang waktu. Cara ini pastinya akan memperbesar peluang situs web Anda untuk ditampilkan oleh mesin pencari saat seseorang melakukan pencarian yang spesifik tentang bisnis Anda.

 2. Terbitkan Artikel Berkualitas

Saat Anda membuat artikel yang menarik sesuai dengan topik bisnis yang sedang dijual, maka artikel tersebut pastinya akan disukai oleh lebih banyak orang. Umumnya, jumlah kata di dalam artikel tidak berpengaruh dalam dunia SEO. Namun, Anda bisa memberikan nilai lebih pada artikel dengan cara memasukkan kata kunci, outbound link, serta mempercantik susunan kata pada artikel yang dibuat.

3. Kecepatan Loading Website

Jika website membutuhkan waktu loading yang lama saat dikunjungi oleh orang-orang, tentu besar kemungkinan mereka akan membatalkan niatnya untuk memasuki website tersebut. Peluang mendapatkan konsumen baru pun akan hilang. Oleh karena itu, pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang baik, sehingga pengunjung tidak membutuhkan waktu lama untuk membukanya.

4. Broken Link

Mendapatkan 404 page saat membuka sebuah website tentu sangat menyebalkan bukan? Broken link akan menyebabkan algoritma mesin pencari Google memberikan citra yang buruk bagi suatu website. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan secara berkala pada setiap halaman  website yang dikelola. Anda tidak perlu mengecek link secara manual, karena ada beberapa app dan tool yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan URL secara otomatis. Nah, salah satunya adalah menggunakan Google Webmaster Tools.

5. Social Sharing

Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest, dan aneka media social lainnya dapat dijadikan sebagai media untuk memberikan referensi yang bagus mengenai bisnis Anda.  Anda bisa  membagikan artikel blog melalui social media tersebut dengan fokus pada target bisnis para pengguna sosial media. Setidaknya, ada dua manfaat yang akan Anda dapatkan, yaitu promosi bisnis melalui sosial media serta memberi pengaruh kepada pembaca mengenai kredibilitas bisnis Anda.